Makna Solat Istisqo

Siang tadi memang ada acara solat istisqo untuk meminta hujan di ST3 Telkom Purwokerto , dan lumayan banyak juga yang ikut acara tersebut. dalam rangkaian solat tersebut di jelaskan tata cara, niat, serta yang dianjurkan apabila melakukan solat istisqo. untuk tata cara pelaksanaannya sebenernya hampir sama dengan solat hari raya. akan tetapi ada anjuran pada hari pelaksanaan solat istisqo tersebut untuk membawa binatang ternak, dan para jamaah dianjurkan tidak berdandan, tidak memakai wangi-wangian jadi apa adanya. dan membawa selendang, terutama untuk khotib.

nah dalam hati ” kenapa harus membawa binatang ternak coba?” jadi setelah solat istisqo tersebut khotib berkhutbah layaknya solat jum’at dimana isi dari khutbah tersebut berisi anjuran terutama mengenai introspeksi diri kita sebagai makhluk hamba Allah SWT. “kenapa harus introspeksi diri?” karena mungkin dengan di tundanya hujan yang notabene penghasil air dimana air merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup dibumi tersebut, ini merupakan sebuah teguran untuk manusia bahwa manusia dalam hal ini kita-kita ini telah banyak berbuat melenceng dari tuntunan agama. ibaratnya hukuman ringan gitu. dalam kondisi tsb baru kita menyadari bahwa kehadiran air tsb sangatlah penting.

“trus apa hubunganya dengan hewan ternak?” jadi story diatas menyebut kita sebagai makhluk cipataan yang ada dibumi “yang sadar” dan dalam berbuat salah pun sadar, akan tetapi cuek dan sengaja, sehingga dengan pasti kita akan berdosa, akan tetapi lain halnya dengan binatang. binatang hanya diberikan insting saja. jadi tidak ada dosa pada hewan tersebut. nah dengan adanya hewan tersebut diharapkan Allah SWT mengasihani semua makhluk ciptaan-Nya termasuk manusa dan hewan, akan tetapi jika Allah SWT tidak mengasihani manusia maka tolong kasihanilah hewan tsb yang tidak berdosa.

kl kurang jelas atau ada salah mohon maaf bisa langsung ke orang yang lebih mengerti atau di wiki.

mugi-mugi udan gusti.. 🙂

12188624_764444673701853_784357215_n

 

One thought on “Makna Solat Istisqo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *