7 Hal Yang Mulai Tergantikan saat ICT Berkembang Pesat

Substitution-of-Trustee-California-Civil-Code-Section-2934ICT (Information and Communication Technology) berkembang sangat pesat beberapa tahun ini, hal ini dibuktikan dengan adanya perangkat-perangkat baru yang akan lebih memudahkan masyarakat dalam berinteraksi satu sama lain, ataupun untuk lebih meningkatkan efisiensi bisnis. hal serupa juga akan berdampak dengan cara dan pola hidup masyarakat. apakah akan menjadi lebih susah? nggak brohh.. akan menjadi lebih efektif dan efisien bahkan jika mungkin dikalkulasikan, dengan kemajuan ICT ini akan menghemat pengeluaran yang sangat drastis pada sektor bisnis.

semua hanya berawal dari kebiasaan saja, yang tadinya analog digantikan dengan digital, ataupun yang tadinya manual digantikan dengan otomatisasi. yahh.. tergantung pendapat setiap masyarakat apakah dengan kemajuan ICT ini akan berdampak positif ataupun negatif, yang pasti semua bisa berdampak positif apabila digunakan pada sektor yang tepat.

berikut adalah beberapa hal yang mulai tergantikan dengan kemajuan ICT :

suratSURAT

Nah lo surat, kalo dulu pengin tau kabar harus berkirim surat yang bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk dapat sampai ke penerima, belum lagi kl alamatnya *ndelik (ndesoooo banget) yah ngunu kuwi, belum lagi untuk biaya berkirim surat tergantung kepada jauh dekatnya si penerima. wah ribet… kl di ICT sudah digantikan dengan email (surat elektronik) dengan biaya lebih murah dan tingkat akurasi yang tinggi serta singkatnya waktu pengiriman email ini akan menggantikan surat analoog dan juga kartu pos. tetapi tidak sepenuhnya tergantikan secara bertahap pasti akan tergantikan. kalo nggak percaya tanya pak pos.. 😀

 

Mobile_Program_StarterSMS

kalo dulu senengnya sms (short Message service) dengan tarif per  message, yah kl di indonesia terbilang masih mahal dibanding dengan negara maju lain. ini pun lama-lama akan tergantikan dengan beberapa penyedia jasa digital messaging (misal bbm, whatsapp, line, ataupun aplikasi chat lain)

telephone-06TELEPHONE

Nah untuk komunikasi suara ini juga akan tergantikan dengan layanan voice dari beberapa provider besar (skype, yahoo messenger, dan lainnya)

 

 

VIDEO

nah untuk video ini biasanya ada pada video conference ataupun video call yang tadinya dibanderol dengan harga yang tinggi, akan tetapi dengan berkembangnya ICT ini hanya menggunakan akses internet yang makin hari makin murah, jadi layanan video ini akan tetap ada akan tetapi medianya yang akan diubah menjadi media digital.

f-36-3-band-radio-receiverRADIO

nah ini dia radio yang nemenin tidur sampe pagi kalo dulu, akan tetapi sekarang sudah di era ICT digantikan dengan layanan radio digital, bahkan orang perorang bisa mempunya stasiun radio sendiri hanya berbekal PC headset dan juga akses internet.. thats awsomee !!.

 

 

 

paymentPEMBAYARAN & MATA UANG

pembayaran dan mata uang hmm … ini bisa dilihat dengan semakin meningkatnya bisnis e-commerce di indonesia yang akan menumbuhkan ide dari masyarakat untuk cara pembayaran yang lebih mudah. hal ini bisa dibuktikan dengan meningkatnya jumlah third party payment gateway di indonesia. kalo dulu saya cuma tau paypal, akan tetapi sekarang di indonesia sendiri sudah banyak berdiri (misal veritrans, finnet, dan lainya). kalo untuk mata uang tidak akan tergantikan hanya saja akan dikonversikan kedalam mata uang digital yang dimiliki oleh third party payment gateway

its-not-what-you-think-its-how-you-thinkPOLA PIKIR MASYARAKAT

nah kl yang ini sifatnya flexibel nih… soalnya menyangkut pendapat dan gaya hidup masyarakat. kalo dulu gak bawa hp mah ke telp umum juga bisa, kl sekarang ketinggalan informasi. contoh lainya kalo dulu ga ada internet kerja bisa offline, nah kalo sekarang ga ada internet ga bisa kerja. (padahal ya mbuh ngoopooo ikk.. hihihi). apalagi dengan adanya social media, dimana kebebasan berpendapat bisa dikatakan sangat bebas.

akan tetapi jika semua itu ditanggapi dengan positif maka pemanfaatan ICT tersebut pasti akan menghasilkan daya guna yang luar biasa. selain itu juga bisa lapangan kerja baru bagi masyarakat, semua itu bisa bisa terwujud jika masyarakat juga tidak malas untuk belajar dan membiasakan diri dengan kemajuan ICT tersebut. harus kreatif brohhh.. makanya ada istilah creativity bussiness yang sangat menjanjikan. dan masih banyak lagi hal yang tergantikan dengan berkembangnya ICT.chayooo… :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *